Dukung Presidensi Indonesia, Polda Metro Siagakan 547 Personel Gabungan Amankan G20 Finance Meeting

Sebagai Ketua Presidensi Group of Twenty (G20), Indonesia akan memulai rangkaian pertemuan pemimpin dunia itu beberapa hari ke depan. Jelang G20 Finance Meeting pada 17 18 Februari 2022 di Jakarta, Polda Metro Jaya mulai melakukan persiapan pengamanan. Sebanyak 547 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI hingga Dishub DKI akan diterjunkan untuk mengamankan jalannya pertemuan bidang ekonomi itu.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo menggelar apel gelar pasukan pengamanan G20 Finance Meeting 2022 untuk mengecek persiapan pertemuan tingkat internasional itu. Hendro mengingatkan, sebagai presidensi G20 ia berharap gelaran itu bisa berlangsung aman dan sukses di Jakarta. "Pada tahun ini Indonesia secara resmi memegang presidensi grup of 20 secara setahun penuh dengan peserta presidensi G20 yaitu 19 negara ditambah uni eropa, serta 17 organisasi internasional. Mengusung tema recover togother, recover stronger, Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bersama sama mencapai pemulihan yang lebih kuat dan berkelanjutan dan semakin terintegrasinya perekonomian global," kata Hendro saat apel gelar pasukan di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/2/2022).

Hendro mengingatkan pada personelnya agar senantiasa turut mendukung kesuksesan G20 Finance Meeting. Untuk mendukung kesuksesan acara itu, ia akan melakukan pengamanan ke sejumlah objek vital. "Pengamanan akan dilaksanakan dalam pola ring yang terdiri dari 26 objek pengamanan mulai dari pengamanan jalur. Kemudian pengamanan tempat tinggal peserta, pengamanan area gedung JCC senayan, luar gedung JCC Senayan, pintu masuk senayan serta beberapa objek pengamanan lainnya. Diharapkan pengamanan G20 dapat wujudkan keamanan kelancaran kegiatan tersebut," kata Hendro.

Tak lupa, Hendro mengingatkan kepada jajarannya agar menjaga sikap selama bertugas mengamankan para delegasi G20. Terlebih acara itu digelar di tengah situasi pandemi, Hendro berpesan agar personelnya tetap mematuhi protokol kesehatan saat bertugas. "Lakukan tugas pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, jaga sikap selama acara berlangsung. Kita masih dalam situasi pandemi covid 19 agar seluruh personel dalam melaksanakan pengamanan tetap mentaati prokes. Berikan pelayanan kepada masyarakat dan tampilkan performance terbaik yang kita miliki," tutup Hendro.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia diberi mandat menjadi Presidensi G20 tahun 2022. Untuk rangkaian acara G20 Finance Meeting sendiri dimulai tanggal 15 16 Februari 2022 dengan agenda 2nd Finance & Central Bank Deputies (FCBD). Dilanjutkan dengan 1st Finance Minister & Central Bank Governor (FMCBG) pada 17 18 Februari 2022.

Semua rangkaian acara itu berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.