Hasil BRI Liga 1: Persebaya Bungkam Persikabo 3-2, Bajul Ijo Tempel Persib, Bhayangkara FC & Arema

Persebaya Surabaya berhasil meraih tiga poin pada pekan ke 18 BRI Liga 1 2021 usai mengalahkan Persikabo 1973 lewat skor 3 2, Senin (10/1/2022). Terhampar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, tiga gol kemenangan Persebaya semuanya diborong oleh Samsul Arif (19', 37', 46'). Adapun Persikabo 1973 berhasil memperkecil ketertinggalan lewat kaki Ciro Alves (45') dan Aleksandar Rakic (53').

Tambahan tiga poin Bajul Ijo membuat persaingan papan atas klasemen BRI Liga 1 2021 makin panas. Bagaimana tidak, Persebaya Surabaya asuhan Aji Santoso duduk di urutan keempat dengan koleksi 36 poin. Klub kesayangan Bonek ini hanya berjarak satu poin dari penghuni tiga besar klasemen BRI Liga 1, Persib Bandung, Arema FC dan Bhayangkara FC yang memiliki poin sama, 37.

Sedangkan bagi Laskar Padjajaran, skuat asuhan Liestiadi belum beranjak dari urutan ke 13 dengan koleksi 19 poin. Lima menit awal pertandingan babak pertama, baik Persikabo 1973 dan Persebaya Surabaya memainkan permainan terbuka. Jual beli serangan diperlihatkan kedua tim untuk bisa mencetak gol kilat.

Skema permainan berbeda dimiliki Bajul Ijo dan Laskar Padjajaran. Taisei Marukawa dkk memilih untuk bermain lebih cepat sembari mengandalkan skema serangan balik. Tridente Taisei, Samsul Arif dan Bruno Moreira menjadi andalan Persebaya untuk membuat lini belakang Persikabo kalang kabut.

Adapun Ciro Alves memilih bermain lebih "kalem" lewat ball possessions. Namun umpan direct yang kerapkali ditujukan kepada Ciro, membuat arus serangan Persikabo lebih mudah untuk ditebak. Gawang Bajul Ijo pada menit ke 13 nyaris bergetar melalui sepakan Dimas Drajad.

Untuk tembakan eks penggawa Timnas Indonesia ini bisa diantisipasi kiper Persebaya, Andhika Ramadhani. Deburan ombak serangan persikabo terus berlanjut. Pada menit ke 16, tim besutan Liestiadi ini memperoleh peluang untuk membuka keunggulan.

Adalah sepakan Ciro Alves yang on target, namun masih bisa diantisipasi kiper Bajul Ijo. High pressing yang dimainkan Persikabo benar benar membuat Persebaya Surabaya kesulitan mengembangkan permainan. Namun permainan terbuka Persikabo bak antiklimas.

Persebaya berhasil membuka keunggulan di menit ke 19 melalui Samsul Arif. Lagi lagi Marselino Ferdinan yang menjadi bintang, lewat ukiran satu assist atas gol Samsul Arif. Persikabo mencoba untuk memberikan respons cepat. Ciro Alves dan kolega semakin intens untuk menyamakan level.

Tembakan dari luar kotak penalti banyak dilakukan oleh Persikabo. Aleksandar Rakic yang diplot sebagai ujung tombak permainan belum tampil maksimal. Bahkan terkesan terisolir, lantaran tak memiliki peluang matang untuk bisa dikonversikan menjadi gol.

Persebaya Surabaya berhasil mencetak gol untuk menggandakan keunggulan di menit ke 37 melalui Samsul Arif. Persikabo berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke 45 melalui lesakan Ciro Alves. Jual beli serangan diperlihatkan kedua tim hingga babak pertama rampung. Skor 0 2 bertahan untuk keunggulan Bajul Ijo.

Pada babak kedua, Persebaya semakin gencar melancarkan serangan. Hasilnya, pada menit ke 46, Bajul Ijo memperbesar keunggulan menjadi 1 3 melalui lesakan Samsul Arif. Laskar Padjajaran yang tertinggal dua lesakan mencoba untuk bermain lebih terbuka.

Hasilnya, di menit ke 53, Persikabo kembali memperkecil ketertinggalan melalui lesakan Aleksandar Rakic. Lesakan bomber anyar Persikabo ini mengubah papan skor menjadi 2 3. Pada menit ke 66, Aji Santoso selaku pelatih Persebaya melakukan pergantian.

Adalah Samsul Arif yang mencetak hattrick digantikan oleh penyerang anyar Bajul Ijo, Arsenio Valpoort. Hingga akhir pertandingan rampung, skor 2 3 bertahan untuk kemenangan Persebaya. Diky Indrayana (GK): Andy Setyo, Didik Wahyu, Shumeyko, Gilang Ginarsa: Pushniakov, Shumeyko, Firza Andika Manahati Lestusen: Ciro Alves, Dimas Drajad, Aleksandar Rakic.

Andhika Ramadhani (GK): Ady Setyawan, Arif Satria, Rizky Ridho, Rikhart Sokoy: Alwi Slamat, M Hidayat, Bruno Moreira: Marselino Ferdinan, Samsul Arif, Taisei Marukawa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.