Penyelamatan Penalti Ketiga dari Nadeo Argawinata Pesan Buat Shin Tae-yong Agar Lupakan Emil Audero?

Penyelamatan Penalti Ketiga dari Nadeo Argawinata Pesan Buat Shin Tae yong Agar Lupakan Emil Audero? Bali United berada di pintu juara Liga 1 2021. Cukup satu poin dari 2 laga sisa, Serdadu Tridadu akan menyegel mahkota juara.

Satu di antara kontribusi besar capaian Bali United itu datang dari sang kiper, Nadeo Argawinata. Kiper Timnas Indonesia ini mampu menepis tendangan penalti Beto Goncalves, save penalti ketiga yang dilakukan kiper Bali United itu musim ini. Kiper Bali United, Nadeo Argawinata, terus menampilkan performa solid di tenah statusnya yang tak menentu di tim nasional Indonesia.

Nadeo Argawinata merupakan kiper utama timnas Indonesia di Piala AFF 2020, tetapi terancam oleh rencana naturalisasi Emil Audero. Emil Audero merupakan kiper produk akademi Juventus yang kini merumput di Sampdoria, dan disebut lebih diinginkan Shin Tae yong sebagai kiper nomor satu Indonesia. Nadeo Argawinata sendiri bisa dibilang sudah melakukan segalanya untuk mempertahankan status kiper utama tim Garuda.

Di level klub, ia perlahan bisa menggeser Wawan Hendrawan dari pos kiper utama Bali United. Nadeo kini telah mencatat sembilan laga beruntun selalu bermain bagi Bali United, semuanya berbuah kemenangan. Terbaru, Nadeo menjadi sosok penting dalam menjaga cleansheet saat Bali United menaklukkan Madura United, Senin (21/3/2022).

Pada menit ke 68, Madura United mempunyai kesempatan membobol Serdadu Tridatu dengan eksekusi penalti Beto Goncalves. Sayang, tendangan Beto Goncalves dapat ditepis Nadeo meskipun terlihat mengarahkan bola cukup jauh dari jangkauan kiper. Luar biasa bagi Nadeo, save penalti tersebut bukan pertama kali ia lakukan pada musim ini.

Pada putaran pertama, ia menahan penalti Marko Simic saat Bali United sedang mempertahankan keunggulan 1 0 atas Persija Jakarta (25/11/2022). Save penalti lebih krusial dilakukan Nadeo pada semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura. Nadeo mementahkan penalti Faris Ramli pada menit ke 91 untuk membawa Indonesia ke masa perpanjangan waktu dan pada akhirnya menyingkirkan Singapura.

Dengan catatan tiga penyelamatan penalti, Nadeo seakan mengirim pesan kepada Shin Tae yong agar melupakan perburuan atas Emil Audero. Emil Audero terlihat masih berhasrat mengejar pos nomor satu timnas Italia yang tengah disandang Gianluigi Donnarumma. Pembicaraan berlarut larut dengan PSSI juga membuktikan Emil Audero tampak belum beranjak dari impiannya itu.

"Kami mengharapkan dia mau (membela Indonesia) tapi sampai hari ini dia tidak mengatakan iya dan tidak menolak," ucap anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani (16/3/2022). "Saya selalu bicara dengan asistennya dan Shin Tae yong sudah tahu itu," katanya. Dengan demikian, Shin Tae yong bisa jadi bakal terus mengandalkan Nadeo Argawinata sembari menanti situasi Emil Audero.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.